Sunday, October 18, 2015

Tips Agar Lolos Wawancara Kerja

Setiap mahasiswa yang baru lulus tentunya ingin langsung memiliki pekerjaan. Namun untuk mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Anda harus bersaing dengan para pelamar lain yang juga antusias untuk mendapatkan pekerjaan.

Dalam mencari pekerjaan salah satu hal yang penting adalah saat wawancara kerja. Banyak para pelamar pekerjaan yang gagal karena wawancara. Berikut adalah tips agar lolos wawancara kerja.

1. Siapkan “perkakas” Anda. Yang dimaksud perkakas disini adalah portofolio yang Anda siapkan. Portofolio tersebut berisi tentang hasil karya Anda yang pernah Anda buat sebelumnya. Dengan portofoio tersebut Anda dapat meyakinkan perusahaan calon tempat Anda bekerja nanti.

2. Hindari dasi berwarna merah. Menurut riset yang dilakukan oleh Durham University, warna merah dapat menimbulkan efek kurang baik saat wawancara kerja. Karena warna merwah cenderung terlihat agresif dan penuh rasa marah.

3. Jabat tangan dengan tegas. Dalam tahap ini, jabat tangan sangat penting dalam sesi wawancara kerja. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Lowa tahun 2008, jabat tengan dengan tegas terutama bagi wanita akan membuat Anda lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat lain. Para pecari kerja biasanaya sudah mempersiapkan bagaimana mereka bertindak untuk menghindari hal-hal buruk yang ditimbulkan. Namun sering kali mereka melupakan cara berjabat tangan. Ini merupakan hal pentik karena perusahaan akan menilai kesan pertama Anda melamar di perusahaan tersebut.

baca juga ;

No comments:

Post a Comment